-->

Cara Menulis Artikel SEO Friendly 2020

Publisher: Goomsite

Cara Menulis Artikel SEO Friendly 2020

SEOBLOG - Menulis mungkin merupakan hal yang mudah bagi sebagian orang dan susah bagi sebagian yang lain. Terlebih lagi jika harus menulis artikel yang SEO friendly. Panduan cara menulis artikel SEO friendly ini akan memudahkan kamu menulis artikel sesuai standar google. Jadi artikel kamu akan ramah terhadap mesin pencari namun juga tetap enak dibaca untuk manusia.

Panduan Lengkap Cara Menulis Artikel SEO Friendly


Cara Menulis Artikel SEO Friendly 2020

Site Title / Judul

Judul merupakan salah satu hal yang sangat penting agar artikel atau tulisan kita dapat merangking dengan bagus di mesin pencari. Jika judulnya sudah salah maka artikel yang bagus bakal jadi percuma. Untuk itu kita harus mengerti bagaimana menulis site title yang bagus. Ini merupakan cara menulis artikel SEO yang sangat fundamental.

Menulis site title sebenarnya kunci utamanya adalah harus memasukan kata kunci ke dalam judul tersebut. Kata kunci bisa diletakan secara berurutan maupun terpisah tergantung situasi dan kondisi. Maksudnya bagaimana kata kunci terpisah dan berurutan? Contohnya begini, misalkan kata kunci yang ditulis adalah “jual mobil jogja” maka kami bisa menulis judulnya dengan dua cara.

Contoh judul dengan kata kunci berurutan, “Jual Mobil Jogja Murah Baru dan Second”. Jadi tidak ada kata pemisah di antara kata kunci. Yang kedua dengan kata kunci terpisah, “Jual Mobil Murah Baru dan Second di Jogja”. Jadi kata kunci “jual mobil jogja” tidak diletakan berurutan melainkan terpisah.

Lalu bagus yang berurutan atau terpisah? Sebenarnya sama saja, karena sekalipun kata kunci terpisah google akan tetap mampu membacanya artikel ketika ada orang mengetikan “jual mobil jogja” di search engine. Namun jika kamu menggunakan plugin Yoast SEO maka yang paling bagus adalah meletakannya secara berurutan. Intinya terpisah atau berurutan disesuaikan saja dengan kebutuhan.

URL

URL atau Slug merupakan alamat dari artikel yang kita tulis. Biasanya tertulis dengan format www.example. com/kata-kunci. Menulis slug yang tepat adalah dengan memasukan kata kunci di dalamnya. Bisa full kata kunci, bisa juga hanya sebagian jika memang kata kuncinya terlalu panjang.

Jangan samakan slug dengan site title. URL dari artikel kita ini sebaiknya padat dan mencerminkan apa yang kita tulis. Jika site titlenya “Jual Mobil Jogja Murah Baru dan Second” maka slugnya cukup www.example. com/jual-mobil-jogja atau www.example .com/jual-mobil-jogja-murah. Banyak yang menyepelekan cara menulis artikel SEO yang satu ini.

Jumlah Keyword/Keyword Density

Dalam menulis artikel SEO Friendly berkualitas jumlah kata kunci dalam suatu artikel sangat penting sekali. Kita harus bisa memasukan kata kunci dengan jumlah yang pas, tidak terlalu dan tidak terlalu sedikit. Ini yang terkadang masih belum dipahami oleh banyak orang. Kebanyakan ada yang asal memasukan kata kunci tanpa menghitung jumlahnya.

Jika sudah begitu maka berpotensi menyebabkan artikel berisi terlalu banyak kata kunci atau bisa juga kekurangan kata kunci. Artikel yang terlalu banyak mengandung kata kunci maka bisa dianggap spam oleh google. Akibatnya artikel menjadi susah naik posisinya di mesin pencari atau yang lebih buruk justru hilang dari google atau deindex.

Jumlah keyword yang ideal adalah 0,75 sampai 2 persen pada setiap artikel. Meski begitu biasanya yang paling sering digunakan adalah 1 sampai 1,5 persen. Sehingga sebuah artikel tidak terlalu menumpuk banyak keyword. Jadi artikel tetap enak dibaca dan keyword tidak terkesan dipaksakan.

Penempatan Keyword

Cara menulis artikel SEO friendly yang ke empat adalah mengenai penempatan keyword. Meski terkesan sepele, penempatan kata kunci ini sangat penting. Karena akan menentukan apakah artikel enak dibaca atau tidak. Keyword yang bagus adalah yang penempatannnya menyebar dan merata di seluruh artikel.

Jangan menumpuk kata kunci di satu tempat, misal awal artikel ataupun akhir artikel. Tempatkan keyword secara merata dari paragraf pertama hingga paragraf terakhir. Bukan berarti setiap paragraf harus diberi kata kunci. Sesuaikan saja dengan jumlah kata kunci atau keyword density-nya.

Pastikan untuk menempatkan satu kata kunci di paragraf pertama. Akan lebih bagus jika keyword bisa berada di kalimat pertama. Namun jika tidak bisa jangan memaksakan untuk melakukannya. Penting juga untuk menempatkan keyword pada akhir artikel atau paragraf terakhir karena ini bagus untuk mesin pencari.

Keyword Turunan dan Sinonim

Menulis artikel SEO friendly berkualitas salah satunya harus memasukan keyword turunan dan juga sinonim kata kunci. Keyword turunan adalah kata kunci yang masih berhubungan dengan keyword utama. Misalnya, kata kunci utamanya adalah “sewa mobil jogja” maka kata kunci turunannya bisa “sewa mobil murah jogja”, “sewa mobil harian jogja”, “sewa mobil jogja lepas kunci”, dan lain-lain.

Sedangkan sinonim keyword sendiri merupakan kata kunci yang merupakan persamaan dari keyword utama. Contohnya, kata kunci “sewa mobil jogja” maka sinonim keywordnya adalah “rental mobil jogja”. Meskipun sinonim kata kunci ini bisa digolongkan ke dalam keyword turunan namun terkadang banyak orang yang masih belum memahaminya.

Dalam setiap artikel SEO friendly yang kamu tulis pastikan untuk memasukan kata kunci turunan dan persamaan kata kunci. Ini sangat penting karena ketika orang mencari dengan keyword turunan bukan keyword utama kamu, maka artikel kamu tetap berkemungkinan besar muncul. Cara menulis artikel SEO ini penting namun sering tidak dilakukan penulis.

Paragraf dan Kalimat

Paragraf dan kalimat juga merupakan bagian penting dari sebuah artikel berkualitas namun kadang diabaikan. Paragraf dan kalimat merupakan bagian dari cara menulis artikel SEO friendly berkualitas. Walaupun pengaruhnya mungkin tidak terlalu besar namun tetap tidak boleh diabaikan.

Paragraf yang baik, umumnya berisi 3,4, atau 5 baris. Idealnya adalah 3 atau 4 baris, jika memang harus lebih sebaiknya maksimal adalah 5 baris. Paragraf yang terlalu panjang akan membuat orang malas untuk membacanya.

Idealnya panjang satu kalimat adalah berisi kurang dari 20 kata. Hal ini karena artikel dengan kalimat pendek akan lebih mudah untuk dibaca. Artikel yang berisi kalimat-kalimat panjang akan membuat pusing pembacanya. Sehingga mereka kesulitan mendapatkan inti dari kalimat tersebut.

 Penggunaan Heading

Heading merupakan sesuatu yang sangat penting untuk membuat artikel menjadi SEO friendly. Apalagi jika artikel yang kita tulis panjang maka heading akan membantu readibilty-nya. Heading akan menunjukan poin-poin dari artikel yang kita tulis sehingga pembaca lebih udah memahaminya.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly 2020

Dalam membuat heading sebaiknya mengandung kata kunci ataupun turunanya. Namun tidak harus di semua heading maupun sub heading mengandung kata kunci. Usahakan untuk membantunya tetap terkesan natural dan tidak dipaksakan.

Tools Untuk Mempermudah Penulisan Artikel SEO Friendly

Ada beberapa tools atau alat yang dapat memudahkan kita untuk menulis artikel SEO Friendly berkualitas. Tools ini tentunya bisa digunakan secara gratis. Mengenai tools untuk membantu penulisan artikel SEO friendly akan kita bahsa secara singkat disini. Dan untuk lebih lengkapnya akan kita bahas pada artikel berikutnya.

1.Google Keyword Planner

Google keyword planner berfungsi untuk melakukan riset keyword. riset kata kunci sangat penting dilakukan sebelum menulis artikel. Sehingga kita bisa mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari orang lewat google. Google keyword planner akan memudahkan kita untuk menemukan kata kunci yang tepat. Selain itu, GKP juga menampilkan keyword turunan dari kata kunci utama yang kita inginkan.

Tampilan google keyword planner bisa dibilang sangat lengkap, mulai dari jumlah pencarian volume bulanan hingga daerah terbanyak yang melakukan pencarian. Mungkin hasil GKP akan sedikit berbeda jika kamu belum pernah melakukan running ads di Google. Untuk yang belum pernah beriklan di Adwords namun ingin menggunakan google keyword planner secara lengkap bisa mencoba Ubersuggest.

2. Keyword Everywhere

Ini merupakan extension gratis yang dapat kamu pasang di browser google chrome. Keyword everywhere akan otomatis menampilkan jumlah pencarian perbulan ketika kamu mengetikan suatu kata kunci di google. Extension ini juga akan menampilkan kata kunci turunan beserta kata kunci berkaitan dengan keyword utama yang juga dicari orang.

3. Word Counter

Wordcounter.net merupakan website penghitung jumlah kata. Namun tidak hanya itu, word counter juga menampilkan secara lengkap jumlah karakter, jumlah keyword, dan sebagainya. Dengan word counter kita menjadi lebih mudah mengidentifikasi kata apa yang paling banyak keluar, berapa kali keyword yang kita bidik muncul di dalam artikel. Word counter merupakan bagian dari cara menulis artikel SEO friendly yang sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Kesimpulan Tentang Menulis Artikel SEO Friendly

Demikianlah panduan cara menulis artikel SEO friendly berkualitas. Masih ada beberap hal lain yang juga perlu diperhatikan. Namun secara keseluruhan 7 hal di atas merupakan komponen utama dari artikel SEO friendly. Jadi pastikan artikel yang kamu tulis sesuai dengan cara di atas. Gunakan juga tools di atas untuk mempermudah penulisan kamu.

Want to get Attractive Offer Info?

Enter your email and get the latest info from us

Copyright © 2019 spa SEO BLOG